My Blog List

Jumat, 11 November 2011

Bandara Trunojoyo di Sumenep




Bandara Trunojoyo di Sumenep, kota paling ujung di Pulau Madura. Bandar udara yang lebih cocok disebut lapangan terbang perintis ini berada di areal persawahan yang luas.
Landas pacu, terminal penumpang, kantor bandara, misalnya. Sayang, Bandara Trunojoyo Sumenep ini sampai sekarang tidak berfungsi. Ada lapangan terbang, yang dibangun mahal, tapi tak ada penerbangan ke Madura.
Ketika saya mampir saat libur Lebaran lalu, 30 Agustus 2011, empat petugas sedang tidur-tidur. Satu petugas lagi duduk di depan komputer. Tak jelas apa yang sedang dia kerjakan. Mau kerja apa kalau tak ada pesawat yang datang. “Belum ada penerbangan, Bang,” kata seorang petugas ramah.
 Beberapa tahun lalu lapangan terbang kecil di daerah Pabian, tak jauh dari Kelenteng Makco dan Gereja Katolik di Jalan Slamet Riyadi ini dipakai untuk latihan calon-calon pilot Merpati. Tak heran, di terminal ada stiker bertuliskan MERPATI FLYING SCHOOL. Berkat latihan itu, Bandara Trunojoyo seolah-olah berfungsi sebagai lapangan terbang. Sayang, latihan ini dihentikan sehingga Bandara Trunojoyo kembali sepi. 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More