My Blog List

Selasa, 26 Juli 2011

Lebaran ketupat di pulau talango Sumenep


Perayaan lebaran ketupat di pulau talango ternyata berpengaruh signifikan terhadap lonjakan jumlah penumpang yang akan menyeberang ke pulau Talango kabupaten Sumenep Madura, Hampir 1 kilometer di pelabuhan Kalianget terjadi antrean panjang kendaraan , terutama untuk mobil. Hal tersebut karena kapal tongkang yang membawa penumpang menyeberang ke pulau talango berukuran kecil dan hanya mampu memuat maksimal 6 mobil per kapal. Apabila sudah dipenuhi dengan sepeda motor, maka mobil tidak akan mendapat tempat.



Karena itu, tidak heran jika terjadi penumpukan kendaraan roda empat yang akan menyeberang ke pulau talango. Mobil-mobil yang antre ini rata-rata berplat nomor luar Madura, seperti dari Surabaya, Sidoarjo, Malang, Bogor, dan beberapa kota lain. Mereka semua menyeberang ke Talango untuk ziarah ka makam Sayyid Yusuf, salah satu ulama besar dan turunan raja keraton Sumenep.
Menurut penuturan salah satu penumpang kapal, Ibu Oneh, dirinya bersama rombongan satu bis jauh-jauh datang dari Karawang - Bekasi, untuk berziarah ke Asta Yusuf di pulau Talango.


"Saya memang rutin menyempatkan diri ziarah ke makam wali dan ulama selepas lebaran, untuk mencari berkah," kata Oneh.

Dijelaskan, Oneh dan seluruh rombongan memilih naik kapal tongkang tanpa bus, untuk mempercepat perjalanan.

"Soalnya kalau mobil kan antreannya panjang. Kapalnya kecil sih, harus gantian. Jadi biar cepat, kami semua satu bus, turun dan jalan kaki naik kapal. Nanti turun dari kapal, naik becak ke Asta Yusuf," papar Oneh.

Meskipun kapal penuh sesak dan harus berebut tempat, Oneh mengaku menikmati perjalanan wisata religinya ini.

"Ya namanya orang cari berkah, memang macam-macam ceritanya. Berdesak-desakan seperti ini mah sudah biasa neng. Kan semuanya juga sama-sama ingin cari barokahnya Lebaran. Jadi ya enggak apa-apa, berebut-berebut dikit," ujar Oneh sambil tersenyum.

Sementara bagi beberapa penumpang, baik yang berjalan kaki ataupun membawa sepeda motor yang tidak sabar menunggu antrean kapal tongkang, memilih untuk menyewa perahu.

"Daripada lama nunggu antrean kapal, lebih baik saya naik perahu saja lah. Lebih mahal sedikit gak papa. Yang penting cepat sampai Talango. Keburu sore nanati kalau kelamaan nunggu," kata Erfan, salah satu penumpang.

1 komentar:

pulau wisata , pastesla reme ....
heheheheh ....

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More